September 13, 2017

Inilah Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Inilah Penyebab Blog Sepi Pengunjung - Banyak sekali yang bertanya kepada saya mengapa blog mereka sepi pengunjung. Blog itu ibaratkan cowok, template itu ibaratkan wajah dan artikel itu ibaratkan kata-kata cowok. Jika wajah cowok itu tidak menarik maka wanita tidak akan tertarik melihatnya lama-lama, sama seperti blog juga seperti itu. Jadi, gunakanlah template yang menarik dan buat artikel yang bisa buat pembaca kamu nyaman.

Inilah Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Contoh kasus, saya mempunyai 2 blog, blog pertama berisi banyak artikel dan blog kedua hanya diisi beberapa artikel saja. Blog kedua ternyata pengunjungnya lebih banyak dari blog yang pertama.


Lalu, apa penyebab blog sepi pengunjung? Sebelum kita ke permasalahan tersebut, saya ingin menekankan bahwa tulisan ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

(Baca : Pengertian Bounce Rate dan Cara Menguranginya)

1. Artikel Trending
Artikel trending adalah artikel yang mempunyai durasi pencarian yang panjang. Tetapi, artikel ini hanya dibutuhkan ketika ngetrend, seperti hanya beberapa bulan saja.

2. Berita
Berita adalah jenis konten yang tidak bisa dikategorikan sebagai artikel dan sifatnya trending yaitu hanya bisa bertahan dalam kurun waktu terentu / ketika trend saja.

3. Artikel Long Term
Artikel ini adalah tipe artikel yang pasti dibutuhkan oleh orang dalam jangka waktu yang sangat panjang atau bisa disebut tidak ada kedaluarsanya. Artinya artikel ini selalu dicari oleh orang, contohnya seperti artikel yang saya tulis ini yaitu penyebab blog sepi pengunjung.

Tipe artikel yang kamu buat di blog sangat menentukan banyaknya pengunjung blog yang akan datang. Apabila kamu mengelola blog secara pribadi, maka kamu hanya perlu menuliskan artikel yang sifatnya long term. Untuk membuat artikel yang mempunyai durasi singkat, ini memerlukan tenaga ekstra untuk memposting artikel yang banyak setiap harinya sesuai target trafik / pengunjung yang kamu bidik.

(Baca : Cara Membuat Artikel SEO Agar Menempati Halaman 1 Google)

Membuat blog sangat mudah bagi setiap orang untuk melakukannya. Tetapi, yang sulit adalah optimasi dan membuat artikelnya, karena untuk mendapatkan banyak pengunjung setiap blog butuh kuantitas yang terletak pada optimasi. Nah, disinilah letak dari masalah yang sering dihadapi sebagian besar blogger pemula.

Untuk mengatasi blog sepi pengunjung, sebuah blog harus punya kualitas dihadapan mesin pencari. Bagaimana cara membuat blog berkualitas? Kita harus punya konsep yang jelas yang merujuk pada optimasi dan harus berjalan sesuai kebijakan Google Webmaster. Kesalahan yang sering dibuat oleh para blogger adalah merusak citra blog miliknya sendiri dihadapan mesin pencari dalam waktu yang panjang.

Inilah Penyebab Blog Sepi Pengunjung

1. Kesehatan Blog

Kesehatan blog yang menentukan banyaknya pengunjung, karena ketika pengunjung datang ke blog kamu dan di blog kamu terdapat banyak link rusak pastinya pengunjung tersebut akan pergi ke blog lain. Kesehatan blog ini meliputi, link tidak natural, kualitas artikel, broken  link dan masih banyak lagi.


2. Tema Blog

Setiap nice blog mempunyai tingkat persaingan yang berbeda. Maka hindarilah tema yang memiliki persaingan yang tinggi.


3. Optimasi yang berlebihan

Melakukan optimasi yang berlebihan justru bisa merusak citra blog yang kamu miliki. Optimasi ini harus dilakukan dengan cara yang baik dan natural. Seperti link building, menanam backlink yang berkualitas menjadi sebuah kewajiban. Namun, jika proses penerapannya berlebihan, maka akan dianggap spam oleh google dan menyebabkan menurunnya peringkat blog di SERP Google.

4. Backlink

Masalah Google dan mesin pencari lainnya terus berusaha menyempurnakan algoritma yang digunakannya. Tetap saja yang merupakan bagian pokok dalam mendatangkan pengunjung adalah Backlink. Dengan memiliki backlink yang banyak dan berkualitas ini akan mempengaruhi posisi blog di search engine.


(Baca : Cara Optimasi Deskripsi Penelusuran)

5. Pengaruh Situs Sosial Media

Google menggunakan banyak indikator selama pemeringkatan halaman web, salah satunya adalah tingkat kepopuleran blog yang bersangkutan di sosial media. Upaya yang bisa kamu lakukan untuk mempopulerkan blog adalah dengan melakukan blogwalking, menjalin hubungan baik dengan blogger lain di sosial media.


6. Salah dalam memilih Template

Gunakanlah template blog yang menggunakan struktur yang baik, kenapa? karena jika kamu menggunakan template yang bermasalah, ini akan mempersulit proses perayapan oleh robot mesin pencari dan hal ini akan berakibat kepada pengunjung blog.

Sekian tips dari saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terima kasih
Previous Post
Next Post

post written by:

Kedia Riani is a young and challanging web, graphics and logo designer.
Big publisher at Adsense also.