October 15, 2017

Apa Boleh Reupload Video Orang Lain Dijadikan Kompilasi?

Apa Boleh Reupload Video Orang Lain Dijadikan Kompilasi?
Sebelum saya menjawab pertanyaan apakah boleh atau tidak reupload video di youtube, saya ingin memberikan sedikit cerita kenapa saya membuat artikel ini. Perlu Anda tahu bahwa ini merupakan unek-unek berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menggeluti dunia youtube.



Tujuan postingan ini dibuat yaitu karena ada beberapa youtuber yang bertanya kepada saya "Di youtube saya sering melihat channel orang lain yang mengupload video bukan milik sendiri. Saya perhatikan channelnya awet–awet saja bahkan menghasilkan uang."

Pertanyaan:

- Apakah boleh jika mengambil video cuplikan orang lain terus digabung-gabungkan jadi sebuah kompilasi dan diupload ulang di channel sendiri?
- Apakah ada tips dan trik khusus supaya aman dan tidak melanggar kebijakan youtube?

Ada juga yang ngasih pertanyaan penguatnya seperti ini:

- Kok pihak youtube meloloskan yah?

- Apa memang channel itu sudah mendapatkan izin dari semua video yang diremix dari pemilik aslinya atau hasil membeli?
- Apa ada tools khusus yang canggih untuk mengelabui sistem youtube?
- Apa dia kerjasama dengan youtube?

(Baca : Cara Membuat Video Youtube Niche Ceramah)

Begitulah curhatan beberapa orang yang mewakili youtuber-youtuber lain.


Berikut saya akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ternyata sesuai kebijakan youtube, sebenarnya kegiatan mengupload ulang atau reupload video orang lain tanpa izin itu telah melanggar hak cipta. Itu artinya hal semacamnya tidak boleh dilakukan.


Ingat! saya tegaskan sekali lagi:


"REUPLOAD VIDEO MILIK ORANG LAIN TANPA IZIN TIDAK DIPERBOLEHKAN KARENA MELANGGAR HAK CIPTA".

Bagi Anda yang bandel, ya silahkan saja Anda coba kalau Anda mau di bilang "PLAGIAT".


Sejelek apapun video Anda nantinya, usahakan tetap orisinil. Lama kelamaan juga akan ada peningkatan kualitas jika Anda terus mau belajar.


(Baca : Cara Kerja BPK atau CPC di Google Adsense)

Lalu, bagaimana dengan channel youtube reupload yang sampai sekarang masih bertahan bahkan menghasilkan?

Dan yang lebih parahnya lagi kadang yang punya channel youtube sudah verified padahal reupload, tapi justru kurang baik sama channel yang baru dibangun (youtuber baru).


Saya sendiri pernah punya pengalaman pahit. Saya upload video orisinil hasil rekaman sendiri di channel youtube saya dan direupload oleh channel verified. Parahnya lagi malah channel youtube saya yang kena banned. Padahal video itu milik saya. Tetapi saya tetep optimis dan tidak menyerah karena mungkin kurang beruntung.


Mengapa ada channel yang bisa lolos dan bahkan bisa menghasilkan?


Alasannya mungkin bisa karena beberapa hal berikut :


1. Karena sedikit atau bahkan tidak ada orang yang melaporkan video dari channel tersebut.


2. Pemilik video tidak tahu bahwa videonya dipakai, jadi dia tidak mengklaim video miliknya. Karena rata-rata video tersebut sudah dikompilasi jadi video baru dan judul baru jadi "untrackable".


3. Video yang digunakan tidak memiliki content ID atau suatu sistem yang strike otomatis jika videonya digunakan di tempat lain.


Bagaimana solusinya melawan channel reupload?


Kalau memang ingin menghabisi channel full/semi reupload seperti itu, Anda memang harus mendedikasikan diri untuk mencari video yang bersangkutan dan tidak memiliki conten ID, setelah itu Anda menghubungi pihak yang bersangkutan untuk minta klaim.


(Baca : Inilah Penyebab Akun Adsense di BANNED)

Jadi memang channel seperti itu sebenarnya agak rawan karena tergantung dari pemilik original content, apakah pemilik konten ini tidak apa-apa kontennya dipakai dalam video-video mereka.

Jika channel tersebut sudah memiliki ijin dari pemilik konten, berarti penggunaan tersebut 'sah' dimata hukum.


Namun, jika Anda asal ambil dan pemilik asli hak cipta (gambar/video/audio) dapat dengan mudah menggugat channel (kreator) yang menggunakan konten tanpa ijin dan bisa dikenakan strike channel (suspension) oleh hukum.


Intinya Anda harus pintar mencari peluang, dengan cara mencari video orang lain yang kemungkinan belum ada di youtube. Tapi yang kejem itu kalau channel yang sudah merasa diatas angin melakukan klaim ke channel lain secara semena-mena padahal channelnya sendiri videonya bukan original.


Itulah alasan mengapa youtuber indonesia banyak yang menyembunyikan channel miliknya dan merahasiakan identitasnya. Tetapi yakinlah bahwa channel original lebih baik daripada channel plagiat.


Kabar gembiranya yaitu:


Sebenarnya channel youtube pemilik konten ID juga memiliki resiko yang sama, jika mereka salah menggunakan hak tersebut, misalnya berulang kali melakukan klaim yang salah, maka kepemilikan konten ID mereka akan dicabut dan akun mereka pun bisa dihentikan secara permanen.


(Baca : Pembahasan Seputar PIN Google Adsense)

Jadi bagi channel youtube verified juga gak bisa seenaknya sendiri asal ambil video orang lain, karena resikonya juga tidak hanya dicabut konten ID-Nya tetapi juga bisa dibanned permanen. BOOM.

Jadi, jika memang Anda yakin bahwa konten di channel Anda tidak melanggar pedoman komunitas, Anda bisa mengajukan banding dan dijelaskan secara terperinci. Anda gak usah khawatir jika video Anda diambil orang lain.


Sebagai pembuat konten original Anda akan tetap menang, karena segala perbuatan Anda akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah sekecil apapun itu.


Demikianlah pembahasan saya mengenai "Apa Boleh Reupload Video Orang Lain Dijadikan Kompilasi?" mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

Kedia Riani is a young and challanging web, graphics and logo designer.
Big publisher at Adsense also.